Sabtu, 12 Mei 2018

Proposal usaha kaos 2c collection

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Fashion tidak lagi hanya menjadi konsumsi para pekerja seni namun hampir seluruh lapisan masyarakat. Fashion sudah menjelma menjadi sebuah kebutuhan, mengingat semakin banyaknya platform sosial media yang sering digunakan sebagai tempat untuk mengekspresikan diri sehingga merangsang masyarakat khushnya kawula muda untuk berlomba-lomba menunjukkan dirinya dan salah satu caranya adalah dengan menunjukkan gaya berpakaian.
Sifatnya yang mudah sekali berganti tren membuat masyarakat terbebani apalagi ditambah dengan harga-harga yang melambung tinggi untuk sebuah fashion yang terlihat biasa namun memiliki prestis hanya karena brand semata. Namun demikian, tidak semua orang menyukai gaya berpakaian yang terlalu mencolok dengan harga yang memberatkan,tidak sedikit juga orang yang menyukai gaya berpakaian yang sederhana namun elegan dan nyaman digunakan seperti penggunaan kaos polos atau sedikit corak desain dengan tulisan singkat. Kesederhanaan justru melahirkan sifat yang fleksibel dan cocok untuk dipadu-padankan dengan aksesoris fashion lainnya.
2C Collection hadir dengan konsep yang mengikuti sifat dasar dari fashion yaitu mudah berganti namun dengan harga yang terjangkau. 2C merupakan singkatan dari Comfy dan Confident dengan harapan bahwa produk bisa menghadirkan rasa nyaman bagi pemakainya serta rasa percaya diri. Strategi 2C Collection adalah tidak menjual barang yang sama untuk periode selanjutnya dan hanya menyediakan stok dalam jumlah yang minimalis, hal ini akan merangsang konsumen untuk segera melakukan pemesanan atau booking sebelum koleksi stok habis serta mendorong 2C Collection untuk terus berinovasi dalam melahirkan produk fashion yang digemari masyarakat luas khususnya kawula muda.







1.2 Visi &Misi
Visi
Menjadikan 2C Collection sebagai brand fashion terbaik dan terkemuka di Indonesia yang mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri.

Misi
  • Menjual produk 2C Collection dengan harga yang terjangkau.
  • Menciptakan desain 2C Collection yang lebih bervariasi dan unik.
  • Memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga kepercayaan konsumen.
  • Memperkenalkan produk secara luas ke berbagai kalangan melalui sosial media.
  1. Tujuan
  • Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah kewirausahaan .
  • Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha.
  • Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
  • Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.
  • Memberikan pengenalan akan dunia fashion lewat usaha kaos polos dan jasa sablon
  • Memberikan produk yang update mengenai fashion masa kini

  1. Profil Perusahaan
Tabel 1.1
Profile 2C Collection
1
Nama perusahaan
2C Collection
2
Bidang usaha
Manufaktur
3
Produk usaha
Kaos
4
Alamat perusahaan
Bekasi
5
Nomor telepon
089876577567
6
Website Instagram
@2C_Collection
7
Tahun berdiri
2017

  1. Kepengurusan
Tabel 1.2
Profil karyawan 2C Collection
1
Nama
Naufal Zaki A
2
Tempat,Tanggal, Lahir
Bekasi, 3 Mei 1998
3
Alamat
Bekasi Timur
4
Status
Lajang
5
Jabatan
CEO

1
Nama
Erika Novita Yuki
2
Tempat, Tanggal, Lahir
Bekasi, 30 November 1998
3
Alamat
Bekasi Utara
4
Status
Lajang
5
Jabatan
Manager Produksi 1

1
Nama
Reni Febriani
2
Tempat, Tanggal, Lahir
Lampung, 20 Februari
3
Alamat
Bekasi Selatan
4
Status
Lajang
5
Jabatan
Manager Produksi 2

1
Nama
Muhammad Imam Syamil
2
Tempat, Tanggal, Lahir
Medan, 19 Juli 1996
3
Alamat
Bekasi
4
Status
Lajang
5
Jabatan
Manager Pemasaran 1

1
Nama
Aditya Perdana
2
Tempat, Tanggal, Lahir
Medan, 12 Desember 1996
3
Alamat
Bekasi Timur
4
Status
Lajang
5
Jabatan
Manager Pemasaran 2

1
Nama
Adelia Febrianti
2
Tempat, Tanggal, Lahir
Bekasi,7 Februari 1999
3
Alamat
Bekasi Timur
4
Status
Lajang
5
Jabatan
Manager Keuangan




  1. Tenaga Kerja
Dalam usaha yang akan kami jalankan kami membutuhkan tenaga kerja untuk menjahit kaos dan jasa sablon kaos sekitar 6 orang tenaga kerja, yang memiliki tugas sebagai berikut :
  • Desainer             : 2 orang
  • Penjahit             : 2 Orang
  • Pencetakan sablon digital    : 2 Orang

  1. Sarana Pemasaran
  • Advertising
Periklanan / promosi melalui media sosial& SEO.
  • Sales Promotion
Setiap pembelian 1 kaos mendapatkan 1 buah  gelang tangan.
  • Brosur
Membuat brosur yang berisi tentang beberapa contoh kaos yang sudah disablon.
  • Seminar atau Event
Bekerjasama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti : Seminar, Talkshow, Diskusi dan juga ikut serta dalam pameran.
  • Manusia
Mengggunakan teknik mulut ke mulut, pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya.

  1. Logo/ Merek Perusahaan
Filosofi logo
Dalam rangka penetrasi pasar melalui brand maka logo merupakan hal pertama yang menjadi bahan pertimbangan, dalam pembuatan logo atau simbol tersebut memang sering kali melibatkan unsur filosofis seperti harapan, karakteristik, ataupun modifikasi dari sebuah logo lain dengan harapan menjadi sama besar.
Namun, 2C Collection tidak mengedepankan sisi harapan pada simbolnya, bukan berarti harapan itu tidak ada, hanya saja terkadang nama atau simbol hanya nama dan tidak lebih, ada baiknya berfokus pada appearance atau tampilan yang simple, eye-cathing dan elegan.
2C collection sendiri berarti 2 huruf C yang masing-masing berdiri untuk Confident dan Comfortable yaitu percaya diri dan nyaman. Kedua hal tersebut merepakan hal yang paling sulit disatukan dalam dunia fashion, sering ga untuk tampil percaya diri kita memilih untuk menahankan rasa tidak nyaman bahkan untuk beberapa produk sampai menahan rasa sakit, tentunya produk di luar produk pakaian seperti sepatu, tali pinggang,  namun celana terkadang juga menjadi masalah.
Filosofi 2C Collection terletak pada namanya bukan pada simbol atau logonya karena logo lebih baik mengedepankan sisi look dibanding filosofi. Bila kita melirik ke beberapa produk-produk besar maka kita akan menemukan bahwa mereka pun pada akhirnya melakukan redesign pada logonya, lantas kenapa kita harus memaksakan konsistensi logo hanya untuk filosofi dan tidak mampu berbaur dengan zaman yang terus berubah.
Logo dan simbol akan mengalami banyak perubahan untuk menyesuaikan dengan zaman maka dari itu 2C Collection tidak menanamkan filosofi pada logo melainkan pada nama.













BAB II
DESKRIPSI KELANYAKAN USAHA

2.1 Jenis Produk
Produk yang ditawarkan oleh 2C Collection terdiri dari :
              

Type        : Kaos lengan pendek & Lengan Panjang
    Brand        : 2C Collection
    Quality        : Menggunakan bahan-bahan berkualitas dan desain up to
date
    Packing     : Paper Bag
    Design        : Custom Sablon
2.2 Produksi Dan Teknologi
    Produksi
Bahan pembuatan produk :
  1. Cotton Combad 43S
  2. Benang Jahit
  3. Tinta Direct To Garment
  4. Label baju
Proses pembuatan
  1. Siapkan seluruh bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kaos.
  2. Pilih kain dengan warna yang diingikan.
  3. Potong bahan sesuai ukuran yang ditentukan.
  4. Membuat bagian badan, kerah, dan lengan lalu disatukan.
  5. Jahit bagian kecil untuk merek yang telah disediakan pada bagian yang diinginkan, pada umumnya di bagian belakang atau dijahitan bawah pada bagian badan.
  6. Lakukan pengecekan pada kaos seperti jahitannya, simetrisnya, dan lain-lain.
  7. Selesai.
Teknologi
    Kami sebisa mungkin memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk memperkenalkan usaha kaos dan jasa sablon digital kami yaitu dengan :
  1. Mencari peluang pasar pada situs-situs web
  2. Pembuatan brosur, daftar pelanggan, daftar penjualan dengan menggunakan program komputerisasi
  3. Pembuatan design
  4. Pengembangan produk
  5. Pencatatan sistem keuangan dan data keuangan dengan program komputerisasi
  1. Aspek Pasar/ Pesaing
Peluang usaha
Pakaian berjenis kaos menjadi salah satu produk fashion yang cukup digemari oleh segala kalangan dari anak-anak, remaja hingga dewasa, simple dikenakan menjadi salah satu alasan yang membuatnya disuka. Selain itu kaos juga nyaman lebih nyaman dikenakan baik untuk sehari-hari bahkan saat bepergian. Jika pada umumnya yang kita kenal dipasaran saat ini adalah kaos dengan jenis bergambar atau memiliki sablon maka dari itu kami juga menyediakan custom untuk jasa sablon .
Analisis persaingan
Menggunakan metode analisis SWOT dan TOWS
SWOT adalah sebuah cara menganalisa suatu permasalahan dari 4 sudut berbeda yang terbagi dari 2 aspek, yaitu aspek internal dan aspek eksternal. SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), Threats (ancaman). SWOT 2C Collection adalah sebagai berikut :



  1. STRENGTHS
  1. Harga yang ditawarkan dibawah harga pasar sehingga terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah.
  2. Bahan-bahan yang dipakai berkualitas tinggi sehingga kaostidak mudah rusak.
  3. Kaosdapat dipadukan dengan fashion lain misalnya dengan jaket, blazer, syal, kemeja, dan lain-lain sehingga akan selalu terlihat lebih trendi.
  4. Bahan baku yang masih polos masih bisa dikresikan dengan berbagai desain sesuai selera pasar.

  1. WEAKNESS
  1. Kaoskurang tepat digunakan untuk acara formal karena terlihat tidak sopan.
  2. Harga bahan baku dapat berubah tergantung kondisi harga pasar saat itu.
  3. Ada potensi barang rusak, salah alamat dan kendala lainnya pada saat proses pengiriman barang pada konsumen
.
  1. OPPORTUNITIES
  1. Perubahan zaman yang mendorong perubahan gaya hidup masyarakat terutama daripentingnya penampilan.
  2. Peminat kaos yang semakin banyak  mulai dari kalangan remaja hingga kalangan dewasa.
  3. Kemajuan ilmu digital marketing yang semakin canggih dan mudah dimengerti dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan angka yang signifikan.

  1. THREATS
  1. Pesaing baru dapat dengan mudah masuk.
  2. Adanya potensi perusakan harga dari pesaing lama maupun baru





TOWS adalah pemikiran akan hal-hal yang akan dapat atau hal yang lebih dinamis yaitu faktor eksternal terlebih dahulu baru diikuti dengan faktor internal, cara ini diyakini akan menghasilkan peluang dan dapat mengantisipasi segala ancaman yang akan datang. TOWS 2C Collectionadalah sebagai berikut :

  1. STRENGHTS-OPPORTUNITIES
  1. Produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan didukung oleh para peminat yang menjadikan 2C Collectionsemakin berkembang, sehingga menambah jenis dan jumlah produksi menjadi solusi yang dapat dilakukan.

  1. WEAKNESSES-OPPORTUNITIES
  1. Karena sebagian besar pemasaran melalui sosial media kepercayaan saat pengiriman barang menjadi kendala sehingga 2C Collection mengatasinya dengan menyediakan garansi pada setiap barang pembelian.
  2. Bertambahnya pesanan konsumen yang harus dikirim membuat 2C Collectionharus memproduksi lebih cepat dengan cara menambah tenaga kerja yang dibutuhkan.
  3. Memberikan potongan harga yang bervariasi sesuai jumlah pembelian dan ketentuan lainnya seperti, semakin banyak membeli maka akan semakin besar potongannya.

  1. STRENGHTS-THREATS
  1. Desain yang mudah ditiru membuat produk 2C Collectionmemberikan label pada setiap produk.
  2. Selalu update dan menyesuaikan tema penjualan serta memberikan hadiah (give  away) pada peringatan hari-hari besar atau disesuaikan dengan kondisi tren saat itu.

  1. WEAKNESSES-THREATS
  1. Melakukan pengawasan terhadap strategi pemasaran pesaing dan melakukan evaluasi terhadapnya
  2. Terus melakukan observasi pasar untuk mengantisipasi harga yang tidak pasti dan fluktiatif


  1. Rencana Keuangan
  2.4.1. Modal Usaha
Modal Pinjaman Universitas Gunadarma        Rp  2.000.000
Modal 2C Collection                    Rp       35.200
Total Modal                        Rp  2.035.200
2.4.2 Perincian Biaya
Laporan keuangan berupa biaya produksi dan biaya operasional,laba rugi,perubahan modal, arus kas dan neraca bulan Desember 2017 – Februari 2018
  • Bulan Desember 2017
Tabel 2.1
2C Collection
Biaya Produksi dan Biaya Operasional
Bulan Desember 2017
  • Biaya Produksi Bulan Desember 2017
No.
Keterangan
Jumlah / Unit
Harga Satuan
Total Harga
1.
Biaya Bahan Baku




Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran S)
2 Roll / 14pcs
Rp82.000
Rp164.000

Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran M)
2 Roll / 12pcs
Rp82.000
Rp164.000

Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran L)
3 Roll /15pcs
Rp82.000
Rp246.000

Biaya Bahan Baku Label Baju
4 Lusin
Rp500
Rp2.000

Total BBB


Rp576.000





2.
Biaya Penolong




Paper bag
41/pcs
Rp7.500
Rp307.500

Total BP


Rp307.500




















3.
Biaya Tenaga Kerja




Jasa Jahit (untuk baju)
41/pcs
Rp20.000
Rp820.000

Jasa Jahit (untuk label)
41/pcs
Rp1.500
Rp61.500

Total BTK


Rp881.500

Total Biaya Produksi


Rp1.765.000

  • Biaya Operasional Bulan Desember 2017
No.
Keterangan
Jumlah/Unit
Harga Satuan
Total Harga
1.
Biaya Pemasaran




Label
41/pcs
Rp200
Rp8.200

Pulsa dan paket internet
1 bulan
Rp150.000
Rp150.000

Bensin
1 bulan
Rp100.000
Rp100.000

Total BP


Rp258.200





2.
Biaya Administrasi dan Umum




Biaya Cetak Laporan
8 Lembar
Rp500
Rp4.000

Biaya Administrasi
1 Lembar
Rp8.000
Rp8.000

Total Biaya Adm dan Umum


Rp12.000

Total Biaya Operasional


Rp270.200

  • Harga Pokok Penjualan + Harga Jual Bulan Desember 2017
No.
Keterangan
Jumlah
Total
1.
Baju Kaos Polos ( 14Pcs Ukuran S )



Biaya Bahan Baku
Rp177.200


Biaya Bahan Penolong
Rp88.620


Biaya Tenaga Kerja
Rp254.043


Biaya Operasional
Rp77.870


Total HPP

Rp597.733

HPP/Pcs

Rp42.695

Laba 40,53 % /pcs

Rp17.305

Harga Jual/pcs

Rp60.000












]2.
Baju Kaos Polos ( 12Pcs Ukuran M )



Biaya Bahan Baku
Rp177.200


Biaya Bahan Penolong
Rp88.620


Biaya Tenaga Kerja
Rp254.043


Biaya Operasional
Rp77.870


Total HPP

Rp597.733

HPP/Pcs

Rp49.811

Laba 28,48 % /pcs

Rp14.189

Harga Jual/pcs

Rp64.000




3.
Baju Kaos Polos ( 15Pcs Ukuran L)



Biaya Bahan Baku
Rp248.000


Biaya Bahan Penolong
Rp132.396


Biaya Tenaga Kerja
Rp379.535


Biaya Operasional
Rp116.336


Total HPP

Rp876.267

HPP/Pcs

Rp58.418

Laba 19,82 % /pcs

Rp11.582

Harga Jual/pcs

Rp70.000

















Tabel 2.2
2C Collection
Laporan Laba Rugi
Bulan Desember 2017
Keterangan
Jumlah
Total
Pendapatan


Pendapatan tunai
Rp2,658,000

Total pendapatan

Rp2,658,000
Biaya-biaya :


Total Biaya Produksi
Rp1,765,000

Total Biaya Operasional
Rp270,200

Pengembalian dana bergulir
Rp335,000.00

Total biaya

Rp2,370,200
Laba bersih

Rp287,800
Bagi hasil 2C Collection (75%)

Rp215,850
Bagi hasil Gunadarma (25%)

Rp71,950



Tabel 2.3
2C Collection
Laporan Perubahan Modal
Bulan Desember 2017
Modal Awal

Rp2.035.200
Laba
Rp215.850

Prive


Modal Akhir

Rp2.251.050



Tabel 2.4
2C Collection
Laporan Arus Kas
Bulan Desember 2017
Keterangan
Jumlah
Total
Aliran Kas dari Aktivitas Operasi


Aliran Kas Masuk


         Penerimaan Penjualan Tunai
Rp2.658.000

         Penerimaan Piutang Usaha


Jumlah

Rp2.658.000
Aliran Kas Keluar


         Total Biaya Produksi
Rp1.765.000

         Total Biaya Operasional
Rp270.200

Jumlah

Rp2.035.200
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Operasi

Rp622.800
Aliran Kas dari Aktivitas Pendanaan


Aliran Kas Masuk


        Modal Gunadarma
Rp2.000.000

        Modal 2C Collection
Rp35.200

Jumlah

Rp2.035.200
Aliran Kas Keluar


        Pengembalian Gunadarma
Rp335.000

        Pembagian Laba ke Pihak Gunadarma
Rp71.950

Jumlah

Rp406.950
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan

Rp1.628.250
Kenaikan Bersih Kas Selama Periode Desember 2017

Rp2.251.050
Saldo Awal Kas 01 Desember 2017


Saldo Akhir Kas 31 Desember 2017

Rp2.252.300









Tabel 2.5
2C Collection
Neraca
Per 01 Desember 2017 – Awal
Aktiva
Passiva
Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas
Rp2.035.200
Hutang Gunadarma
Rp2.000.000
Total Aktiva Kas
Rp2.035.200
Total Hutang
Rp2.000.000




Aktiva Tetap

Modal



Modal 2C Collection
Rp35.200


Laba



Total Modal
Rp35.200




Total Aktiva
Rp2.035.200
Total Passiva
Rp2.035.200

Tabel 2.6
2C Collection
Neraca
Per 31 Desember 2017 – Akhir
Aktiva
Passiva
Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas
Rp2.251.050
Hutang Gunadarma
Rp1.665.000
Total Aktiva Lancar
Rp2.251.050
Total Hutang
Rp1.665.000




Aktiva Tetap

Modal



Modal 2C Collection
Rp370.200


Laba
Rp215.850


Total Modal
Rp586.050




Total Aktiva
Rp2.251.050
Total Passiva
Rp2.251.050

  • Bulan Januari 2018
Tabel 2.7
2C Colection
Biaya Produksi dan Biaya Operasional
Bulan Januari 2018
  • Biaya Produksi Bulan Januari 2018
No.
Keterangan
Jumlah / Unit
Harga Satuan
Total Harga
1.
Biaya Bahan Baku




Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran S)
3Roll / 21pcs
Rp82.000
Rp246.000

Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran M)
3 Roll / 18pcs
Rp82.000
Rp246.000

Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran L)
4 Roll /20pcs
Rp82.000
Rp328.000

Biaya Bahan Baku Label Baju
5 Lusin
Rp500
Rp2.500

Total BBB


Rp822.500





2.
Biaya Penolong




Paper bag
59/pcs
Rp7.500
Rp442.500

Total BP


Rp442.500





3.
Biaya Tenaga Kerja




Jasa Jahit (untuk baju)
59/pcs
Rp20.000
Rp1.180.000

Jasa Jahit (untuk label)
59/pcs
Rp1.500
Rp88.500

Total BTK


Rp1.268.500

Total Biaya Produksi


Rp2.533.500

  • Biaya Operasional Bulan Januari 2018
No.
Keterangan
Jumlah/Unit
Harga Satuan
Total Harga
1.
Biaya Pemasaran




Label
59/pcs
Rp200
Rp11.800

Pulsa dan paket internet
1 bulan
Rp150.000
Rp150.000

Bensin
1 bulan
Rp100.000
Rp100.000

Total BP


Rp261.800





2.
Biaya Administrasi dan Umum




Biaya Cetak Laporan
8 Lembar
Rp500
Rp4.000

Biaya Administrasi
1 Lembar
Rp8.000
Rp8.000

Total Biaya Adm dan Umum


Rp12.000

Total Biaya Operasional


Rp273.800



  • Harga Pokok Penjualan + Harga Jual Bulan Januari 2018
No.
Keterangan
Jumlah
Total
1.
Baju kaos Polos ( 21Pcs Ukuran S )



Biaya Bahan Baku
Rp248.500


Biaya Bahan Penolong
Rp133.691


Biaya Tenaga Kerja
Rp383.249


Biaya Operasional
Rp82.723


Total HPP

Rp848.163

HPP/Pcs

Rp40.389

Laba 48,55%/pcs

Rp19.611

Harga Jual/pcs

Rp60.000




2.
Baju Kaos Polos ( 18Pcs Ukuran M )



Biaya Bahan Baku
Rp248.500


Biaya Bahan Penolong
Rp133.691


Biaya Tenaga Kerja
Rp383.249


Biaya Operasi onal
Rp82.723


Total HPP

Rp848.163

HPP/Pcs

Rp47.120

Laba 35,82%/pcs

Rp16.880

Harga Jual/pcs

Rp64.000




3.
Baju Kaos Polos ( 20Pcs Ukuran L )



Biaya Bahan Baku
Rp330.500


Biaya Bahan Penolong
Rp177.807


Biaya Tenaga Kerja
Rp509.713


Biaya Operasional
Rp110.019


Total HPP

Rp1.128.040

HPP/Pcs

Rp56.402

Laba 24,10%/pcs

Rp13.598

Harga Jual/pcs

Rp70.000

Tabel 2.8
2C Collection
Laporan Laba Rugi
Bulan Januari 2018
Keterangan
Jumlah
Total
Pendapatan


Pendapatan tunai
Rp3,812,000

Total pendapatan

Rp3,812,000
Biaya-biaya :


Total Biaya Produksi
Rp2,533,500

Total Biaya Operasional
Rp273,800

Pengembalian dana bergulir
Rp335,000.00

Total biaya

Rp3,142,300
Laba bersih

Rp669,700
Bagi hasil 2C Collection (75%)

Rp502,275
Ba gi hasil Gunadarma (25%)

Rp167,425










Tabel 2.9
2C Collection
Laporan Perubahan Modal
Bulan Januari2018
Modal Awal

Rp2.251.050
Laba
Rp502.275

Prive


Modal Akhir

Rp2.753.325

Tabel 2.10
2C Collection
Laporan Arus Kas
Bulan Januari 2018
Keterangan
Jumlah
Total
Aliran Kas dari Aktivitas Operasi


Aliran Kas Masuk


         Penerimaan Penjualan Tunai
Rp3.812.000

         Penerimaan Piutang Usaha


Jumlah

Rp3.812.000
Aliran Kas Keluar


         Total Biaya Produksi
Rp2.533.500

         Total Biaya Operasional
Rp273.800

Jumlah

Rp2.807.300
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Operasi

Rp1.004.700
Aliran Kas dari Aktivitas Pendanaan


Aliran Kas Masuk


        Modal Gunadarma


        Modal 2C Collection


Jumlah


Aliran Kas Keluar


        Pengembalian Gunadarma
Rp333.333

        Pembagian Laba ke Pihak Gunadarma
Rp167.425

Jumlah

Rp502.425
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan

(Rp502.425)
Kenaikan Bersih Kas Selama Periode Januari 2018

Rp502.275
Saldo Awal Kas 01 Januari 2018

Rp2.251.050
Saldo Akhir Kas 31 Januari 2018

Rp2.753.325

Tabel 2.11
2C Collection
Neraca
Per 31 Januari 2018 – Akhir
Aktiva
Passiva
Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas
 Rp2.753.325
Hutang Gunadarma
Rp1.330.000
Total Aktiva Lancar
 Rp2.753.325
Total Hutang
Rp1.330.000




Aktiva Tetap

Modal



Modal 2C Collection
Rp705.200


Laba
Rp718.125


Total Modal
Rp1.423.325




Total Aktiva
 Rp2.753.325
Total Passiva
Rp2.753.325








  • Bulan Februari 2018
Tabel 2.12
2C Collection
Biaya Produksi dan Biaya Operasional
Bulan Februari 2018
  • Biaya Produksi Bulan Februari 2018
No.
Keterangan
Jumlah / Unit
Harga Satuan
Total Harga
1.
Biaya Bahan Baku




Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran S)
4 Roll / 28pcs
Rp82.000
Rp328.000

Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran M)
4 Roll / 24pcs
Rp82.000
Rp328.000

Biaya Bahan Baku Kain Katun (Ukuran L)
5 Roll /25pcs
Rp82.000
Rp410.000

Biaya Bahan Baku Label Baju
7Lusin
Rp500
Rp3.500

Total BBB


Rp1.069.500





2.
Biaya Penolong




Paper bag
77/pcs
Rp7.500
Rp577.500

Total BP


Rp577.500





3.
Biaya Tenaga Kerja




Jasa Jahit (untuk baju)
77/pcs
Rp20.000
Rp1.540.000

Jasa Jahit (untuk label)
77/pcs
Rp1.500
Rp115.500

Total BTK


Rp1.655.500

Total Biaya Produksi


Rp3.302.500

  • Biaya Operasional Bulan Februari 2018
No.
Keterangan
Jumlah/Unit
Harga Satuan
Total Harga
1.
Biaya Pemasaran




Label
77/pcs
Rp200
Rp15.400

Pulsa dan paket internet
1 bulan
Rp150.000
Rp150.000

Bensin
1 bulan
Rp100.000
Rp100.000

Total BP


Rp265.400





2.
Biaya Administrasi dan Umum




Biaya Cetak Laporan
8 Lembar
Rp500
Rp4.000

Biaya Administrasi
1 Lembar
Rp8.000
Rp8.000

Total Biaya Adm dan Umum


Rp12.000

Total Biaya Operasional


Rp277.400

  • Harga Pokok Penjualan + Harga Jual Bulan Februari 2018
No.
Keterangan
Jumlah
Total
1.
Baju Kaos Polos ( 28Pcs Ukuran S )



Biaya Bahan Baku
Rp331.500


Biaya Bahan Penolong
Rp179.001


Biaya Tenaga Kerja
Rp513.135


Biaya Operasional
Rp85.982


Total HPP

Rp1.109.618

HPP/Pcs

Rp39.629

Laba 51,40%/pcs

Rp20.371

Harga Jual/pcs

Rp60.000




2.
Baju Kaos Polos ( 24Pcs Ukuran M )



Biaya Bahan Baku
Rp331.500


Biaya Bahan Penolong
Rp179.001


Biaya Tenaga Kerja
Rp513.135


Biaya Operasional
Rp85.982


Total HPP

Rp1.109.618

HPP/Pcs

Rp46.234

Laba 38,42%/pcs

Rp17.766

Harga Jual/pcs

Rp64.000




3.
Baju Kaos Polos ( 25Pcs Ukuran L )



Biaya Bahan Baku
Rp413.500


Biaya Bahan Penolong
Rp223.278


Biaya Tenaga Kerja
Rp640.065


Biaya Operasional
Rp107.251







Total HPP

Rp1.384.094

HPP/Pcs

Rp55.364

Laba 26,43%/pcs

Rp14.636

Harga Jual/pcs

Rp70.000


Tabel 2.13
2C Collection
Laporan Laba Rugi
Bulan Februari 2018

Keterangan
Jumlah
Total
Pendapatan


Pendapatan tunai
Rp4,966,000

Total pendapatan

Rp4,966,000
Biaya-biaya :


Total Biaya Produksi
Rp3,302,500

Total Biaya Operasional
Rp277,400

Pengembalian dana bergulir
Rp335,000.00

Total biaya

Rp3,914,900
Laba bersih

Rp1,051,100
Bagi hasil 2C Collection (75%)

Rp788,325
Bagi hasil Gunadarma (25%)

Rp262,775









Tabel 2.14
2C Collection
Laporan Perubahan Modal
Bulan Februari 2018
Modal Awal

Rp2.753.325
Laba
Rp788.325

Prive


Modal Akhir

Rp3.541.650

Tabel 2.15
2C Collection
Laporan Arus Kas
Bulan Februari 2018
Keterangan
Jumlah
Total
Aliran Kas dari Aktivitas Operasi


Aliran Kas Masuk


         Penerimaan Penjualan Tunai
Rp4.966.000

         Penerimaan Piutang Usaha


Jumlah

Rp4.966.000
Aliran Kas Keluar


         Total Biaya Produksi
Rp3.302.500

         Total Biaya Operasional
Rp277.400

Jumlah

Rp3.579.900
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Operasi

Rp1.386.100
Aliran Kas dari Aktivitas Pendanaan


Aliran Kas Masuk


        Modal Gunadarma


        Modal 2C Collection


Jumlah


Aliran Kas Keluar





Pengembalian Gunadarma
Rp335.000

Pembagian Laba ke Pihak Gunadarma
Rp262.775

Jumlah

Rp597.775
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan

(Rp597.775)
Kenaikan Bersih Kas Selama Periode Februari 2018

Rp788.325
Saldo Awal Kas 01 Februari 2018

Rp2.753.325
Saldo Akhir Kas 28 Februari 2018

Rp3.541.650

Tabel 2.16
2C Collection
Neraca
Per 28 Februari 2018 – Akhir
Aktiva
                          Passiva

Aktiva Lancar
   
Hutang Lancar

Kas
              Rp3.541.650
Hutang Gunadarma
Rp995.000
Total Aktiva Lancar
               Rp3.541.650
Total Hutang
Rp995.000




Aktiva Tetap

Modal



Modal 2C Collection
Rp1.040.200


Laba
Rp1.506.450


Total Modal
Rp2.546.650




Total Aktiva
               Rp3.541.650
Total Passiva
Rp3.541.650








BAB III KESIMPULAN
Berdasarkn uraian yang telah dikemukakan diatas, serta analisis data maka kesimpulan proposal dalam pembuatan usaha yg ingin kita buat ialah.
  1. Ingin membuat suatu brand dengan kualitas yang baik, desain yang bagus, dan harga yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.
  2. Kami juga bertujuan untuk memberikan pelayanan yang sebaik baiknya bagi kostumer dan kiat memasarkan produk di media sosial
  3. Dengan tehnik pemasaran kami miliki kami yakin dapat memasarkan produk kami hingga terdengar
  4. Kami Memanfaat kan teknologi bagi keuntungan penjualan
  5. Produk yang kami jual merupakan fashion yang cukup digemari oleh segala kalangan dari anak-anak, remaja hingga dewasa, simple dikenakan menjadi salah satu alasan yang membuatnya disuka.
  6. Dalam menganalisa persaingan pasar kami memakai analisis SWOT (Strenght, Weaknes, Oppurtunity, Threats)
Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan yang Maha Esa. Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran Bapak/Ibu yang sifatnya membangun guna sebagai bahan evaluasi saya untuk kedepannya agar lebih baik lagi.
Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi dalam menyusun proposal dan pendirian perusahaan. Dan terimakasih juga atas penerimaan proposal ini, serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang ingin saya dirikan dapat berjalan dengan baik dan lancar.





BAB IV PENUTUP
Agar pelaksanaan usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar, saya memiliki beberapa saran. Anatara lain :
  1. Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan.
  2. Mempunyai etos kerja yang tinggi.
  3. Pandai berkomunikasi dengan orang lain.
  4. Tidak mudah berputus asa.
  5. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
  6. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
  7. Disiplin, bertanggungjawab, kreatif dan inovatif.
  8. Mengutamakan kepuasan pelanggan.

3 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus


  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus

presentation about sleeping slippers