Sabtu, 14 April 2018

aspek dalam kewirausahaan


ASPEK WIRAUSAHA SECARA MANDIRI YANG MENCAKUP; PELUANG USAHA BARU , PEMBIAYAAN, PEMASARAN DAN KEPEMILIKAN

Peluang Usaha Baru
Adalah Kesempatan untuk menghasilkan kerja usaha, tidak harus baru sama sekali dan tidak harus menguntungkan, karena kerja merupakan dasar bagi pelaksanaan kegiatan ekonomi selanjutnya.Tujuan utama dari proses mencari peluang usaha baru adalah untuk dapat meningkatkan produktivitas dari SDM yang ada.
Cara-cara yang dilakukan dalam pencapaian peluang usaha baru :
1)      Membuat usaha baru, artinya kita mempunyai pelaku dan kegiatan usaha yang benar-benar baru bukan merupakan kelanjutan atau mempunyai keterkaitan dengan yang sebelumnya. Biasanya hal ini dilakukan muncul karena kita mempunyai modal uang dalam jumlah besar dan mempunyai ide atau keinginan untuk usaha.
2)      Melanjutkan usaha yang telah ada sebelumnya, atau dengan kata lain merupakan usaha “warisan”. Artinya kita melakukan kegiatan usaha yang lama tetapi karena ketidakmampuan orang tua kita maka kemudian usaha tersebut diserahkan kepada kita sebagai anaknya. Dalam hal ini kondisi baru terjadi karena pelaku usahanya adalah orang baru, walaupun pelaku baru tersebut adalah anak dari pemilik lama akan tetapi proses pengelolaan (manajerial) yang akan dilakukan oleh penerus usaha akan cenderung berbeda dari yang sebelumnya.
3)      Membeli usaha yang telah ada
4)      franchising, waralaba
5)      konsinyasi sebagai bentuk melakukan usaha baru, tanpa membutuhkan modal uang hanya modal kepercayaan dari orang lain kepada kita. Konsinyasi merupakan proses penjualan produk di mana pembayaran kepada produsen atas barang yang dijual dilakukan hanya setelah produk yang dijual itu laku dibeli oleh konsumen, sedangkan jika tidak maka kita tidak perlu membayarnya
Peluang usaha baru merupakan titik awal untuk menumbuhkan produktivitas sumber daya manusia bagi dirinya, kelompok, dan lingkungannya. Disebut sebagai produktivitas sumber daya manusia karena kegiatan ini adalah kegiatan ekonomi produktif yang dikelola oleh manusia sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhannya, dan jika berhasil memberi manfaat bagi manusia lainnya. Bukan berarti bahwa sumber daya lain tidak menjadi perhatian tetapi sumber daya manusia menjadi fokus, karena wirausaha adalah salah satu jalan untuk mengurangi pengangguran.

Pembiyaan
Bagaimana memperoleh biaya atau modal kerja untuk melakukan usaha ekonomi. Dalam konteks ini, modal kerja dapat berupa uang maupun bukan-uang. Pembiayaan usaha jika menggunakan saluran perbankan maka biasanya memperhatikan unsur 5 C, yaitu :
1)      character : kemampuan diri dari peminjam
2)      capital : modal awal
3)      collateral : jaminan atas pinjaman yang diterima
4)       capacity to repay : kemampuan menerima atau memberi
5)      condition of economy : kondisi internal dan eksternal


Sumber-sumber dana yang digunakan dalam pembiayaan secara umum dibagi menjadi dua, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Rincian dari masing-masing sumber dana adalah sebagai berikut:
1.      Dana modal sendiri, baik dari pribadi maupun keluarga
2.      Pinjaman dari kawan dan relasi
3.      Pinjaman dari lembaga bank, baik bank pemerintah maupun bank swasta
4.      Hutang dagang
5.      Pinjaman hipotik dan pembiayaan jangka menengah dapat diperoleh dari berbagai lembaga keuangan untuk tujuan tertentu, biasanya untuk membeli harta tetap
6.      Pembiayaan sewa (leasing)
7.      Modal usaha yang disediakan perusahaan khusus yang bersedia memberikan dana untuk usaha yang lebih kecil
8.      Di beberapa Negara terdapat pinjaman dari pemerintah melalui pinjaman langsung atau jaminan, namun syarat-syaratnya berbeda-beda.
Pemasaran
Adalah proses menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen. Ada unsur 4P dalam suatu proses pemasaran, terdiri atas :
1.      Product : produk yaitu sesuatu yang dihasilkan, baik berupa barang maupun jasa
  1. Price : harga yaitu nilai dari sesuatu yang diproduksi, baik berupa nilai uang ataupun material
  2. Place : tempat atau proses distribusi yaitu proses di mana produk disampaikan dari produsen kepada konsumen, baik menggunakan tempat seperti toko atau warung maupun bukan tempat seperti e-commerce
  3. Promotion : promosi yaitu proses memperkenalkan produk kepada konsumen agar dikenal sampai dengan disukai dan tujuan akhir membeli produk yang diperkenalkan.
Strategi pemasaran berkembang dari yang konvensional menjadi yang modern, uraiannya adalah sebagai berikut :
Ø  Model konvensional sering disebut sistem pemasaran horisontal karena prosesnya berlangsung secara mendatar dari produsen sampai dengan kepada konsumen akhir, di mana penjualan kepada konsumen akhir hanya dilakukan oleh lembaga perantara. Skemanya adalah sebagai berikut :

produsen                      lembaga perantara (distributor, agen)                     konsumen akhir

Sebagai catatan bahwa lembaga perantara pada dasarnya juga merupakan konsumen dari produk yang dihasilkan oleh konsumen, akan tetapi mereka tidak mempergunakan langsung produk yang dibelinya untuk kepentingan dirinya melainkan untuk dijual lagi kepada pihak lain termasuk di dalamnya adalah konsumen akhir. Di mana konsumen akhir adalah konsumen yang memakai langsung produk yang dibelinya dan tidak melakukan transaksi jual beli lagi kepada pihak lain.



Ø  Model modern sering disebut sebagai sistem pemasaran vertikal (Vertical Marketing System, VMS) yaitu proses pemasaran di mana produsen maupun lembaga perantara bisa sama-sama menjual langsung kepada konsumen akhir. Gambaran mengenai proses pemasaran tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Kepemilikan
Adalah Penguasaan atas sumberdaya dilakukan secara pribadi dan/atau kelompok. Secara umum kepemilikan dapat dibagi menjadi kepemilikan pribadi dan kepemilikan kelompok. Dari segi yang lain, kepemilikan juga dapat dibagi menjadi :
1.      Kepemilikan di mana terdapat penguasaan sumberdaya secara kongkrit, atau dalam istilah lain disebut sebagai “pemilikan dalam genggaman”, yaitu kepemilikan di mana sumberdaya yang dikuasai benar-benar dipegang oleh pemilik. Misalnya : peralatan kerja, yang secara nyata dipegang oleh pemiliknya sebagai yang menguasai sumberdaya alat tersebut.
2.      Kepemilikan secara hukum, di mana sumberdaya dimiliki akan tetapi keberadaannya tidak secara kongkrit dipegang. Misalnya : kepemilikan akan sebidang tanah atau sebuah rumah, tanah atau rumah tersebut tidak dipegang tetapi secara hukum keduanya dimiliki dan pemanfaatan keduanya harus dengan seizin pemilik sah secara hukum dari keduanya. Kepemilikan secara hukum pada galibnya lebih sulit untuk mempertahankan kepemilikannya, karena sumberdaya yang dimilikinya bisa saja berubah tanpa diketahui karena sebab-sebab yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

ASPEK WIRAUSAHA SECARA KELOMPOK YANG MENCAKUP; SUMBER DAYA MANUSIA, ORGANISASI, KEPEMIMPINAN, EVALUASI DAN PENGEMBANGAN USAHA.

Sumber Daya Manusia
Adalah pembahasan tentang manusia yang menjalankan fungsi dan peranannya di dalam organisasi perusahaan atau kelompok. Secara umum proses pengelolaan sumberdaya manusia dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu :
1)      Perekrutan
2)      Pendidikan, yang dibagi lagi menjadi dua, yaitu :
a.       pendidikan sebelum menjadi pegawai tetap
b.      pendidikan setelah menjadi pegawai tetap
Bentuk dari pendidikan ini umumnya dibagi juga menjadi dua, yaitu :
a.       pendidikan, yaitu : proses peningkatan pengetahuan pegawai yang biasanya dilakukan melalui proses belajar di kelas
b.      pelatihan, yaitu : proses peningkatan ketrampilan pegawai, biasanya dilakukan di luar kelas atau di bengkel (workshop).
3)      Pelaksanaan kerja
4)      Pemberhentian, dibagi menjadi dua, yaitu :
a.       pemberhentian sementara, biasanya jika seorang pegawai dikenakan sangsi atas pelanggaran atau kesalahan yang telah diperbuatnya. Bentuknya bisa berupa pemindahan ke tempat lain yang lebih jauh atau ke pekerjaan yang lebih sulit, atau pemberhentian tidak bekerja untuk jangka waktu tertentu yang terbatas.
b.      pemberhentian permanen, dapat berupa pemberhentian tidak hormat, pemberhentian terhormat atau pensiun.


Organisasi
Adalah strukturisasi sumberdaya manusia dan non-manusia. Ada tiga struktur yang lazim dikenal yaitu :
  1. Lini : vertikal, artinya dalam organisasi ada orang yang didudukkan sebagai ”atasan” dan ”bawahan”
  2. Staff : horisontal, artinya semua tenaga kerja yang ada di dalam organisasi didudukkan dalam posisi struktural yang sama atau setara, sehingga tidak ada dalam organisasi orang yang didudukkan sebagai ”atasan” dan ”bawahan”
  3. Fungsional : berdasarkan fungsi kerja dari masing-masing unsur sumberdaya manusia yang ada. Bentuk organisasi fungsional biasanya dapat dilihat pada suatu tim kerja atau suatu gugus tugas (team-work). Pada tim tersebut semua orang setara (tidak ada ’atasan’ – ’bawahan’) akan tetapi harus ada seseorang yang dijadikan sebagai pemimpin dalam tim tersebut. Tim sepakbola misalnya, ada pembagian tugas yang jelas antara kiper, back, gelandang dan striker (penyerang) akan tetapi semua pemain mempunyai kedudukan yang sama dan kemudian ada satu orang yang ditunjuk sebagai kapten tim atau pemimpin. Fungsi pemimpin di dalam tim ini adalah sebagai penanggungjawab koordinasi antar semua anggota tim dalam bekerja mencapai tujuan yang diinginkan.

Kepemimpinan
Adalah mengarahkan perilaku SDM. Kepemimpinan terutama difokuskan pada SDM, dan bukan pada SD materi di dalam satu kelompok atau organisasi.Dalam konteks kepemimpinan, tidak dikenal adanya struktur ”atasan” dan ”bawahan”, semua anggota kelompok dianggap sama dan seseorang dari anggota kelompok tersebut dipilih, ditentukan atau ditunjuk sebagai pemimpin kelompok. Dalam konteks ini fungsi utama dari pemimpin adalah mengkoordinasikan SDM agar maksimal dalam bekerja bersama mencapai tujuan yang disepakati bersama sebelumnya.
      Kepemimpinan secara umum dikenal dalam dua bentuk yaitu :
  1. kepemimpinan otoriter, yaitu yang melakukan koordinasi berdasarkan perintah yang harus dilaksanakan, baik itu melanjutkan kerja maupun memberhentikan kerja.
  2. kepemimpinan demokratis, yan mendasarkan pengambilan keputusan oleh pemimpin berdasarkan musyawarah dengan semua pihak yang dianggap terlibat dalam proses kegiatan.

Evaluasi Usaha
Adalah proses memonitoring, menilai hasil, dan melakukan tindak-lanjut rencana dan kegiatan perusahaan / kelompok. Evaluasi terutama harus dilakukan jika telah terjadi transaksi antara produsen dengan konsumen. Evaluasi dalam proses manajerial merupakan usaha untuk membandingkan antara hasil yang kita peroleh dengan target yang telah kita tentukan dalam proses perencanaan. Hal utama yang menjadi fokus evaluasi dalam satu kegiatan wirausaha adalah ”cash-flow” atau aliran kas tunai. Cash-flow menjadi tolok ukur utama apakah sebuah kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar atau bahkan berkembang atau juga mati. Suatu kegiatan wirausaha yang mendasarkan evaluasi perkembangan usahanya menggunakan cash-flow akan dapat dengan lebih mudah mengontrol perkembangan usaha yang dilakukannya. Sebaliknya, jika evaluasi atas kegiatan usaha juga disertakan dengan unsur kas yang berupa kredit maka evaluasi dan kontrol atas usaha menjadi semakin sulit. Selain ragam kredit yang sangat banyak, secara praktis kredit akan memberikan beban modal yang lebih besar dan banyak kepada pelaku wirausaha. Seperti diketahui saat ini semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kredit pada transaksi barang maka jumlah modal uang yang harus disediakan oleh pelaku wirausaha biasanya minimal sampai 3 (tiga) kali dari jumlah modal uang yang seharusnya dikeluarkan untuk satu kali proses produksi.

Pengembangan Usaha
Adalah proses memperbesar usaha yang dilakukan skala atau kedalamannya.Cara-cara pengembangan usaha
1.      intensifikasi, yaitu memperdalam kerja yang sudah dilakukan sebelumnya, misalnya :
-  jika berkembang, maka membuat modifikasi tanpa merubah secara total  dari produk yang telah dihasilkan sebelumnya
- jika ”bangkrut”, memanfaatkan semua jejaring yang telah dimiliki sebelumnya dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya dalam kondisi ”bangkrut” maka tidak ada modal uang yang dimiliki dan kemudian pemasaran dilakukan dengan konsinyasi yang didasarkan atas kepercayaan dalam jejaring kerja di bidang yang dikerjakan
2.      ekstensifikasi, yaitu memperluas usaha yang telah ada sebelumnya baik berupa perluasan lokasi usaha dan volumenya maupun berupa penambahan outlet (tempat) usaha
3.      diversifikasi, yaitu meningkatkan keragaman dari usaha yang telah dilakukan sebelumnya seperti membuat jenis usaha baru yang berbeda dari usaha sebelumnya
4.      integrasi, yaitu memadukan usaha yang telah ada sebelumnya dengan usaha lain baik yang memang sudah ada sebelumnya atau usaha lain yang memang baru sama sekali.
5.      franchise, yaitu usaha untuk memperluas usaha tetapi tidak dengan usaha sendiri melainkan menjual usaha kita kepada orang lain dan kemudian kita sebagai pemilik usaha (merek) memperoleh bayaran (biasanya disebut sebagai royalty atau fee franchising) dengan kita tetap melayani franchisee (pewaralaba) agar tetap dapat memberi pelayanan seperti yang kita lakukan di ”pusat” atau merek kita. Cara ini sebenarnya sama seperti kita memperluas usaha lama tetapi dengan waktu yang lebih cepat dan biaya pengembangan yang lebih ”murah”.
Franchise menjadi salah satu bentuk pengembangan usaha jika dilihat dari sisi pemilik merek usaha (franchiser), tetapi dari segi pelaksana franchise (franchisee, pewaralaba) maka franchise menjadi salah satu peluang usaha baru (aspek 1 dari 9 aspek yang dibahas).









PENGERTIAN MOTIVASI, GAGASAN DAN MOTIVASI DALAM BERWIRAUSAHA

Pengertian Motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul adanya gejala perasaan, kejiwaan dan emosi sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang disebabkan karena kebutuhan, keinginan dan tujuan.
pengertian dan definisi motivasi menurut pendapat para ahli
  1. Menurut Hamalik (1992:173), Pengertian Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.
  2. Menurut Sardiman (2006:73), Pengertian Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya felling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
  3. Menurut Mulyasa (2003:112), Pengertian Motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi.
  4. Menurut Victor H. Vroom, motivasi ialah sebuah akibat dari suatu hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dan sebuah perkiraan bahwa apa yang dilakukannya akan mengarah pada hasil yang diinginkannya.
  5. Robbins dan Judge, motivasi ialah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu agar dapat mencapai tujuannya.
  6. Mc. Donald, motivasi ialah sebuah perubahan energi yang ada dalam diri seseorang yang ditandakan dengan adanya rasa (feeling) dan didahului dengan respon adanya sebuah tujuan.
  7. Azwar, motivasi merupakan sebuah rangsangan atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok masyarakat yang ingin bekerjasama secara maksimal dalam melakukan sesuatu yang sudah direncanakan untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan.
Gagasan (pikiran) adalah sesuatu (hasil pemikiran, usulan, keinginan, harapan) yang akan disampaikan penulis kepada pembaca atau pendengarnya. Lebih lanjut, gagasan itu akan dilengkapi dengan fakta, data, informasi dan pendukung lainnya yang diharapkan dapat memperjelas gagasan dan sekaligus meyakinkan calon pembacaanya (Suyono, 2004).

Motivasi dalam berwirausaha
Perlu dipahami oleh pengusaha agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada karyawan atau anggotanya. Motivasi ditunjukan sebagai dorongan, baik di akibatkan factor dari dalam maupun luar karyawan, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi dan memuaskan suatu kebutuhan. Dalam konteks berwirausaha maka kebutuhan tersebut berhubungan dengan kebutuhan lancarnya usaha tersebut. Peran motivasi dalam berwirausaha, motivasi berwirausaha dapat dianalogikan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin. Motivasi berwirausaha yang memadai akan mendorong untuk berperilaku aktif dalam berwirausaha, tetapi motivasi yang terlalu kuat justru dapat berpengaruh negative terhadap kefektifan usaha tersebut.

Fungsi motivasi dalam berwirausaha diantaranya :
1.      Mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan tanpa motivasi tidak akan timbul suatu perbuatan.
2.      Motivasi berfungsi sebagai pengarah, adanya mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang di inginkan
3.      Motivasi berfungsi sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laku seseorang. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.

Analisis SWOT “ Kentang Cimol”

1.      Strength(kekuatan)
·         Harga terjangkau
·         Bahan baku yang mudah didapat
·         Tidak menggunakan bahan pengawet
·         Proses produksinya mudah sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga
·         Kebersihan produk terjamin
·         Produk yang ditawarkan merupakan jajanan pasar yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia
2.      Weakness(kelemahan)
·         Proses pembuatannya yang digoreng menggunakan minyak goreng sehingga ada yang beranggapan mengandung kolestrol
·         Produk tidak tahan lama karena tidak tanpa bahan pengawet
3.      Opportunity(Peluang)
·         Mengurangi resiko kerugian pada penjual karena makanan tersebut tidak mudah basi dan memilih manfaat bagi tubuh sehingga peluang untuk penjualan kentang cimol cukup besar.
4.      Treath (ancaman)
·         Munculnya variasi makanan jajanan
·         Munculnya pesaing baru

Kesimpulan :
Mendirikan usaha kentang cimol tidak memerlukan biaya yang mahal. Dengan kreativitas dan inovasi dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada kita dapat membuat usaha yang menguntungkan bahkan kita sudah bisa menjadi seorang wirausahawan.

Saran :
1. Hendaknya para penjual makanan jajajan yang menjual makanan di sekitar GUNDAR tidak hanya mementingkan keuntungan namun diharapkan untuk memperhatikan kebersihan makanan dan tempat pedagang berjualan. Sebaiknya lokasi berjualan tidak di pinggir jalan yang rentan dengan sampah dan asap kendaraan yang lewat.
2. Kepada para pembeli jajanan hendaknya memperhatikan kebersihan jajanan yang ingin dibeli. Hal ini bertujuan untuk mennjaga diri dari berbagai penyakit seperti diare atau tipus yang disebabkan oleh makanan yang tidak sehat.
3. Untuk Mahasiswa diharapkan dapat menjaga perilaku makan untuk di konsumsi.
 Referensi :
budiman.staff.gunadarma.ac.id/.../9+ASPEK+dalam+SIKLUS+KEWIRAUSAHAAN%
Riani, Asri L. 2005. Dasar-Dasar Kewirausahaan.Cetakan ke-1. Surakarta : Sebelas Maret University Press


6 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  2. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus



  3. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IG poker...

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
    Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  5. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IG poker...

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
    Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  6. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda sehubungan dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    BalasHapus

presentation about sleeping slippers