Minggu, 22 April 2018

ekuitas pemegang saham laba ditahan


EKUITAS PEMEGANGAN SAHAM LABA DITAHAN

Ekuitas pemegang saham atau Stockholders’Equity adalah ha katas kekayaan atau nilai yang tertanam dalam perseroan. Apabila dilihat dari sudut pandang kesatuan usaha, ekuitas pemegang saham adalah “Utang” perseroan kepada pemegang saham. Oleh karena itu, ekuitas pemegang saham dapat juga dipandang sebagai gambaran hubbungan yuridis antar perseroan dengan pemegang saham.

Ada 3 kategori yang merupakan bagian dari Ekuitas Pemegang Saham :
1.      Modal saham
2.      Tambahan modal disetor
3.      Laba ditahan

Laba ditahan adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan yaitu kumpulan laba dan rugi sampai saat tertentu sesudah dikurangi dividen yang dibagi dan jumlah yang dipindahkan ke rekening modal.

Kebijakan Deviden :
·      Pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki dalam suatu perusahaan.
·       Transfer sejumlah nilai dari perusahaan kepada pemegang saham.
·       Deviden merupakan distribusi kekayaan perusahaan.
·     Pembagian deviden umumnya didasarkan pada akumulasi laba, yaitu laba ditahan/tambahan modal yang disetor.

Salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan deviden :
1.      Kebutuhan dana bagi perusahaan
Semakin besar kebutuhan dana perusahaan berarti semakin kecil kemampuan untuk membayar deviden. Penghasilan perusahaan akan digunakan terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan dananya baru sisanya untuk pembayaran deviden.
2.      Likuiditas perusahaan
Salah satu pertimbangan utama dalam kebijakan deviden, karena deviden merupakan arus kas keluar, maka semakin besar jumlah kas yang tersedia dan likuiditas perusahhaan, semakin besar pula kemampuan untuk membayar deviden.
3.      Kemampuan untuk meminjam
Apabila perusahaan mempunyai kemampuan yang tinggi untuk mendapatkan pinjaman, hal ini juga merupakan flesibilitas keuangan yang tinggi sehingga kemampuan untuk membayar deviden juga tinggi.

Jenis-jenis dividen :
A.      Dividen Kas/Tunai
Dividen yang paling umum dibagikan oleh Pt adalah bentuk kas. Adapun yang harus diperhatikan oleh pimpinan sebelum membuat pengumunan adanya deviden kas adalah apakah jumlah uang kas yang ada mencukupi untuk pembagian deviden tersebut.
B.      Dividen Aktiva Selain Kas
Dividen juga dibagikan dalam bentuk aktiva selain kas yang disebut dengan istilah property dividend. Aktiva ini dibagiakan dalam bentuk surat-surat berharga perusahaan lain yang dimiliki PT, barang dagangan atau aktiva-aktiva lain.
C.      Dividen Utang (Scrip dividend)
Dividen utang timbul apabila laba ditahan itu saldonya mencukupi untuk pembagian dividen, tetapi saldo kas yang ada tidak cukup. Sehingga pimpinan PT akan mengeluarkan scrip dividend yaitu janji tertulis untuk membayar jumlah tertentu diwaktu yang akan dating. Scrip dividend ini bias berbunga dan tidak berbunga. Jika mengandung bunga, bagian bunga dari pembayaran tunai harus didebet ke biaya bunga dan tidak diperlakukan sebagai bagian dari dividen.
D.     Dividen Likuidasi
Dividen likuidasi adalah dividen yang sebagian merupakan modal, bukan dari laba. Dividen likuidasi ini dicatat dengan mendebet rekening pengembalian modal yang dalam neraca dilaporkan sebagai pengurang modal saham.
E.      Dividen Saham
Dividen saham adalah pembagian tambahan saham, tanpa dipungut pembayarannya kepada para pemegang saham, sebanding dengan saham-saham yang dimilikinya.
Dividen saham bias dibagikan sebagai berikut :
1.  Dividen saham biasa, yaitu dividen saham berupa saham yang jenisnya sama, tanpa dipungut pembayarannya kepada para pemegang saham biasa atau dividen saham prioritas untuk pemegang saham prioritas.
2.  Dividen saham special(khusu), yaitu dividen berupa saham yang jenisnya berbeda, misalnya dividen saham prioritas untuk pemegang saham biasa atau dividen saham biasa untuk pemegang saham prioritas.

Treasury Stock adalah saham perusahaan yang dibeli kembali dari peredaran untuk sementara waktu. 

Saham Treasury adalah saham yang dibeli oleh perusahaan penerbitnya sendiri, jadi ketika perusahaan menerbitkan saham lalu suatu ketika perusahaan membeli saham tersebut, maka saham yang dibeli itulah saham treasury. 

Saham Preferen adalah saham dengan kelas khusu yang memiliki beberapa preferensi atau kelebihan fitur yang tidak dimiliki oleh saham biasa. Karakteristik saham prefen adalah :
1.      Preferensi atas dividen
2.      Preferensi atas aktiva pada saat likuidasi
3.      Dapat dikonversi menjadi saham biasa
4.      Dapat ditebus pada opsi perseroan
5.      Tidak mempunyai hak suara

Stock Split atau Pemecahan Saham adalah sebuah aksi korporasi yang dilakukan perusahaan yang telah go public (emiten) untuk memencahkan nilai nominal saham kedalam nilai nominal yang lebih kecil, dengan cara memecahkan selembar saham menjadi beberapa lembar saham. 

Jenis-jenis Stock Split :
1.      Split Up atau Stock Split
2.      Split Down atau Reverse Stock Split

3 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus



  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Soccer Betting | How to Bet on Soccer Odds | Sporting 100
    Soccer Betting Odds · How to 토토사이트 bet on soccer · How to bet on soccer · Bet on soccer · 바카라 게임 사이트 How kadangpintar to bet on soccer · Bet on soccer · หาเงินออนไลน์ How to bet on soccer 1xbet partenaire apk download · Bet on soccer · How to

    BalasHapus

presentation about sleeping slippers