Selasa, 10 Oktober 2017

Rangkuman singkat tentang laporan neraca, laba rugi, dan arus kas



Laporan Keuangan Neraca
Neraca adalah laporan dengan posisi keuangan terdiri antara aktiva dan passiva. Jika Laporan laba rugi menggambarkan kinerja perusahaan maka laporan neraca menggambarkan posisi keuangan.

Aktiva terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Aktiva Lancar : Aktiva dengan umur kurang dari 1 Periode (tahun). contohnya : Kas, Piutang, Persediaan, Investasi jangka pendek, biaya dibayar dimuka.
2. Aktiva Tetap : Aktiva dengan umur lebih dari 1 periode (tahun). contohnya : Obligasi, Gedung, Komputer, Perlengkapan kantor, Peralatan,dll.

Kewajiban terbagi menjadi 2, yaitu :
1.   Kewajiban Lancar : Kewajiban yang diperkirakan dapat dibayar dengan aktiva lancar dan harus segera dilunasi dalam jangka waktu 1 tahun. contohnya : Utang usaha, Utang wesel jangka pendek, Beban yang masih harus dibayar, Pendapatan  diterima dimuka,dll.
2.  Kewajiban Tidak Lancar : Kewajiban yang diperkirakan tidak akan dapat dibayar dalam waktu 12 bulan. contohnya : Utang jangka panjang, Kewajiban sewa jangka panjang,dll.

Ekuitas Pemilik meliputi Modal disetor, Laba ditahan,Saham.

Bentuk Laporan Keuangan terbagi menjadi 2, yaitu :
1.  Bentuk Staffel ialah Catatan atau laporan tentang keuangan perusahaan dengan format tulisan menurun kebawah.
2. Bentuk Diskonto ialah  Catatan atau laporan tentang keuangan perusahaan dengan format tulisan kesamping.

Keterbatasan Neraca meliputi :
1.      Kecenderungan untuk mengabaikan efek inflasi
2.      Tidak mencerminkan nilai perusahaan saat ini
3.      Tidak mengungkap seluruh aktiva dan kewajiban perusahaan
Laporan Laba rugi 
 Laporan laba rugi adalah laporan yang menyajikan ukuran keberhasilan suatu perusahaan selama periode tertentu. Dalam laporan ini, yang dicatat hanya pendapatan dikurangi beban.

Jika : Pendapatan > Beban = Laba, perusahaan tersebut mengalami keuntungan
          Pendapatan < Beban = Rugi, perusahaan tersebut mengalami kerugian.

Perbedaan antara Biaya dan Beban :
Biaya adalah belum terpakai, biaya-biaya yang dianggap akan memberikan manfaat dimasa yang akan datang. contohnya : Sewa dibayar dimuka
Beban adalah Biaya yang telah terpakai dan tidak dapat membberikan manfaat lagi dimasa yang akan datang. contohnya : Beban sewa,beban gaji,dll.

Keterbatasan Laporan Laba rugi :
1.    Tidak dapat diukur secara akurat
2.  Metode Akuntansi, meskipun aktivanya sama namun karena adanya perbedaan dalam penggunaan metode penyusutan maka dapat dipastikan bahwa beban penyusutan untuk setiap periodenya akan berbeda.
3.      Memerlukan pertimbangan


Laporan Arus Kas
Laporan Arus Kas adalah laporan utama yang menyajikan informasi mengenai penerimaan,pengeluaran kas perusahaan.
Laporan Arus Kas sangat dibutuhkan karena kadangkala ukuran laba tidak menggambarkan kondisi perusahaaan yang sesungguhnya maupun informasi mengenai kinerja perusahaan selama periode tertentu yang dapat diperoleh oleh laporan ini.

Keterbatasan Laporan Arus Kas :
1.      Komposisi penerimaan & pengeluaran yang dimasukkan dalam cash flow hanya bersifat tunai
2.      Perusahaan hanya berpusat pada target yang mungkin berkurang  fleksibel
3.      Apabila terdapat perubahan pada situasi internal maupun eksternal dari perusahaan yang dapat mempengaruhi estimasi arus kas masuk & keluar yang seharusnya diperhatikan, maka akan terhambat karena manager hanya akan fokus pada budget kas.

3 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus



  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus

presentation about sleeping slippers